MENGENAL PENCERAH KULIT YANG ALAMI

Fenomena pemutih kulit merupakan sebagian kecil dari industri besar miliaran rupiah yang mendesak wanita untuk menanggapi godaan memiliki kulit putih.

Hampir semua wanita Asia bangga dan senang jika bisa memiliki kulit yang putih dan bersinar, karena kulit putih kerap diasosiasikan dengan konsep cantik dan bahagia. Selain itu kulit putih digembar-gemborkan sebagai pendorong kesuksesan, indikator status sosial, kekuasaan, kekayaan, dan yang paling tegas: kecantikan. Di tengah masyarakat yang menganggap memiliki kulit putih bercahaya adalah simbol kecantikan, semakin banyak wanita yang kini beralih pada produk pemutih kulit  guna mencapai dan mempertahankan rona kulit yang selama ini diimpi-impikan. Ada yang menggunakan produk kecantikan krim pemutih kulit, ada juga yang datang dan melakukan perawatan ke klinik kecantikan. Ada juga yang menjalankan cara yang ekstrim yaitu dengan melakukan suntik pemutih. Mereka melakukan semua hal di atas supaya kulit putih yang diinginkan didapat dengan cepat.

Tidak sedikit produk pemutih yang beredar di pasaran mengandung bahan-bahan yang berpotensi membahayakan bagi kesehatan. Pada 2013, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengamankan lebih dari 74.000 unit produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dan tidak memiliki izin edar. Pada tahun yang sama, diumumkan 17 merek kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Sebagian besar di antaranya adalah produk-produk pemutih kulit. Sulit untuk dapat memastikan apa yang terkandung dalam produk pemutih kulit karena produsen sering tidak sepenuhnya mengungkapkan daftar bahan baku yang terlibat. Beberapa bahan (petroleum jelly, vitamin E, dan asam ekstrak buah, misalnya) terbukti tidak berbahaya. Produk-produk ini juga mungkin mengandung bahan-bahan aktif yang dapat mengurangi konsentrasi melanin, sel pemberi warna kulit.

Tetapi, di saat yang bersamaan, beberapa produk krim pemutih mengandung bahan kimia beracun yang dapat menyebabkan efek samping serius, antara lain :

  1. Merkuri

Meskipun merkuri dikenal sebagai bahan aktif yang dapat mencerahkan warna kulit dan mengurangi noda hitam, logam berbahaya ini mengandung sejumlah efek samping yang mengkhawatirkan.

Penggunaan berlebihan krim pencerah yang mengandung merkuri telah dikaitkan dengan kerusakan otak, masalah ginjal, dan gagal ginjal. Laporan lain menunjukkan bahwa kontak dengan merkuri dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif, sakit kepala, kelelahan, tremor tangan, depresi, mual, produksi air liur berlebih, peradangan lidah dan gusi, dan sejumlah gejala lainnya. Kemungkinan efek samping lain dari penggunaaan produk pemutih kulit mengandung merkuri termasuk pigmentasi refraktori dan kecacatan janin saat digunakan selama masa kehamilan.

  1. Hydroquinone

Kadar hydroquinone tinggi dalam produk pemutih kulit dapat mengelupaskan lapisan teratas kulit dan perlindungan alami kulit terhadap infeksi dan radiasi matahari, juga menghasilkan penampilan kulit belang yang berwarna lebih gelap dan bersifat permanen. Selain itu, hydroquinone merusak urat elastis dalam kulit yang justru akan mendorong proses penuaan dini dan pelemahan struktur kulit secara keseluruhan. Hydroquinone telah terbukti ampuh dan aman untuk mencerahkan noda dan bintik hitam, stretch mark, hingga perubahan warna kulit akibat penuaan jika dilakukan dalam pengawasan dosis ketat oleh dokter. Namun, zat logam ini tidak boleh digunakan sebagai agen pemutihan kulit gelap. Paparan berlebihan terhadap hydroquinone dapat menyebabkan neuropati, sebuah penyakit sistem saraf. Lebih lanjut, para ahli percaya bahwa hydroquinone dapat meningkatkan risiko kanker kulit, kerusakan hati dan ginjal saat terserap dalam aliran darah, katarak, perubahan warna kulit, dan dermatitis, jika dibiarkan terkena kontak dengan kulit.

Krim pemutih kulit yang mengandung tinggi kadar hydroquinone dapat berubah menjadi warna kecokelatan yang aneh saat terpapar oleh udara luar atau sinar matahari dalam waktu yang lama dan berkelanjutan. Sementara itu, krim pemutih kulit yang mengandung merkuri dapat berubah warna menjadi keabuan gelap atau hijau saat terkena kontak dengan sinar matahari langsung.

Salah satu pencerah kulit dari bahan alam dan aman yaitu Chromabright. Chromabright adalah molekul yang dirancang dari bahan alam untuk aplikasi pencerah kulit yang tidak menunjukkan efek sitotoksik atau reaksi iritasi atau sensitisasi, selain chromabright bahan lain yang mengandung pencerah adalah Tranexamic Acid. Tranexamic adalah jenis asam yang kinerjanya lebih maksimal jika dikombinasikan dengan penggunaan produk pencerah kulit lainnya, seperti vitamin C atau sunscreen favorit. Selain dapat meratakan warna kulit, tranexamic acid juga mampu mengatasi hiperpigmentasi, bekas jerawat, serta melasma karena kemampuannya yang dapat menghambat tirosinase, yaitu enzim yang merangsang produksi melanin pada kulit. Itulah manfaat luar biasa Chromabright dan Tranexamic Acid.

Beberapa penelitian menunjukkan gabungan Chromabright dan Tranexamic Acid sangat bersinergis sehingga meningkatkan kecerahan kulit selama 4 minggu.

Kedua bahan itu bisa dijumpai dalam “Premium Serum” dari Younger Looks.

Meskipun punya segudang aktivitas, kita harus tetap menjaga kesehatan kulit. Kalau kesehatan kulit kita tidak dijaga, bukan tidak mungkin kulit akan menjadi kering. Tidak hanya itu, kulit bisa jadi tidak sehat dan kusam. Oleh karena itu menggunakan “Premium Serum” sesuai dengan keperluannya memang sebuah keharusan. “Premium Serum” adalah produk unggulan dari Younger Looks yang telah memiliki sertifikat HALAL dengan bahan-bahan kualitas tinggi yang memiliki manfaat besar untuk menutrisi kulit anda sehingga kulit lebih lembut, cerah, bersinar, halus, lembap tanpa kerutan-kerutan dan iritasi dan sehat. Selain itu “Premium Serum” dapat merangsang regenerasi kulit secara lebih cepat serta meningkatkan penyembuhan luka setelah perawatan.

Itulah manfaat luar biasa dari “Premium Serum” yang wajib kita tahu. Jadi, jangan lupa pakai “Premium Serum” sebagai salah satu solusi perawatan kulit wajah untuk anda. Jika penasaran ingin merasakan manfaatnya, anda bisa mencoba produk skin care ini. Yuk coba sekarang dengan klik https://www.tokopedia.com/youngerlooks. Selain itu anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter-dokter kami mengenai permasalahan-permasalahan kulit anda ke klinik Younger Looks terdekat.

ad sense


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *