LEBIH CANTIK TANPA MINYAK DIWAJAH

Younger Looks Clinic

Kulit yang cerah, bersih dan lembap tanpa minyak, komedo juga jerawat pastilah menjadi dambaan tiap orang. Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak pasti sering mengeluhkan kulit terlalu mengkilap dan lengket. Dan tidak sedikit orang yang beranggapan memiliki kulit berminyak adalah hal yang sangat menyebalkan.

Walaupun demikian kulit berminyak tidak selalu menyebabkan hal yang buruk. Kelebihan dari hal tersebut adalah wajah Anda tidak terlalu rentan terhadap kerutan dibandingkan seseorang dengan kulit kering. Minyak atau sebum sebenarnya penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Namun jika produksinya terlalu berlebihan bisa mengganggu penampilan, kulit akan tampak seperti kilang minyak! Belum lagi, kondisi itu bisa memicu penyumbatan pori-pori, jerawat, beruntusan, dan komedo. Sebenarnya dengan perawatan kulit berminyak yang rutin dan tepat, kulit bisa terlihat sehat dan bebas kilap. Ada sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk mengontrol produksi minyak pada kulit. Yuk, simak cara mengatasi kulit berminyak berikut ini!

Kulit adalah salah satu bagian sensitif pada tubuh, terutama kulit wajah. Terdapat beberapa jenis kulit pada manusia, yaitu kulit kering dan kulit berminyak. Kulit berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea (sebaceous glands) yang berukuran sangat kecil pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. Kulit berminyak dapat terjadi pada siapapun, baik pada pria maupun wanita.

Beberapa orang dengan kulit berminyak dapat mengalami jerawat yang ringan hingga parah. Pada seseorang yang kulit wajahnya berminyak, kelenjarnya dapat mencegah kulit kering. Selain itu, orang dengan kulit berminyak memiliki kulit yang lebih tebal dan elastis.

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kulit berminyak. Maka dari itu, para pemilik kulit berminyak harus memahami berbagai faktor tersebut untuk menemukan solusi yang tepat.

Berikut beberapa faktor yang kerap menjadi penyebab kulit berminyak :

  1. Faktor Genetik
  2. Usia
  3. Stres
  4. Perubahan cuaca
  5. Memiliki pori-pori yang besar
  6. Tidak cocok dengan produk skin care
  7. Berlebihan merawat kulit
  8. Tidak menggunakan pelembab
  9. Hormon yang tidak seimbang
  10. Terlalu fokus mengeringkan wajah
  11. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Memiliki kulit yang berminyak tentu butuh perawatan khusus. Tujuannya agar minyak di wajah tak semakin bertambah hingga menyebabkan jerawat dan masalah lainnya. Untuk mencegah jerawat ataupun masalah lainnya yang disebabkan kulit berminyak, Anda dapat melakukan beberapa hal, seperti:

  1. Membersihkan wajah dua kali sehari dan tidak berlebihan.
  2. Hindari pula sabun cuci muka dengan kandungan yang bisa mengiritasi kulit wajah.
  3. Menggunakan kertas minyak atau blotting paper, untuk mengurangi minyak di wajah.
  4. Menggunakan masker sesekali.
  5. Memakai pelembap bebas minyak.
  6. Mengoleskan tabir surya yang juga bebas minyak.
  7. Menggunakan produk perawatan kulit yang berlabel ‘bebas minyak’ dan ‘nonkomedogenik’. Produk dengan label tersebut tidak akan menyumbat pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat.
  8. Menggunakan produk makeup berbahan dasar air dan non-minyak.
  9. Jangan tidur dalam kondisi makeup belum terhapus.

Jaga selalu kebersihan kulit berminyak Anda, jangan lupa minum air putih yang cukup dan konsumsi sayur serta buah untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Mengalami masalah kulit? Masih bingung karena meski sudah banyak mencoba berbagai produk di pasaran untuk kulit berminyak, namun minyak berlebih masih membandel bahkan hingga menyebabkan jerawat? Younger Looks Modern Laser Clinic bisa jadi solusinya! Anda bisa berdiskusi dengan dokter terpercaya kami.

ad sense


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *