Mengapa pengobatan bisa berbeda antar manusia

DALAM ILMU KEDOKTERAN 1+1 TIDAK SELALU SAMA DENGAN 2

Oleh: dr Yesin Lae, AAM-ECARE, MM
111

 

Ilmu kedokteran adalah salah satu ilmu yang paling rumit dan sulit di mengerti, setidaknya menurut saya, karena kita berhadapan dengan metabolisme manusia yang jelas berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Pernahkah anda memperhatikan bila ada 2 orang saudara kandung dengan sakit dan derajat penyakit yang sama, misalnya flu, saat menkonsumsi obat yang sama hasilnya akan berbeda. Ada yang sembuh tapi lebih lama atau bahkan tidak sembuh sama sekali.

Atau contoh yang lebih nyata lagi, pasien dengan jenis kanker dan stadium yang sama saat mendapatkan pengobatan kadang memberikan hasil yang jauh berbeda.

Ada beberapa hal yang bisa menjelaskan hal ini, antara lain perbedaan imunitas (daya tahan tubuh), metabolisme obat dalam tubuh seseorang dan lain sebagainya. Kesemuanya bersumber karena adanya perbedaan GENETIK dalam tubuh tiap orang.

Ilmu genetika saat ini di pakai sebagai dasar untuk mencegah dan mengobati seseorang sehingga teknik kedokteran saat ini lebih menekankan pengobatan personal. Karena kita menyadari bahwa tidak ada 1 manusia pun yang 100 % sama, sehingga dalam pencegahan dan pengobatan penyakitpun pendekatannya musti berbeda

Contoh:

  1. Seseorang dengan genetik diabetes harus mempunyai pola makan dan gaya hidup yang berbeda dengan orang lain dengan genetic darah tinggi.
  2. Seorang penderita kanker harus mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan genetiknya sehingga pengobatannya berbeda antar orang walaupun jenis kanker dan stadium nya sama.

Khusus mengenai kanker, saat ini dunia kedokteran melakukan terobosan dengan melakukan pemeriksaan genetik baik sebagai alat untuk menentukan pengobatan yang paling sesuai, misalnya memilih tindakan terapi, menentukan obat-obat yang paling sesuai dengan pasien tersebut.

Dasar dari pemeriksaan genetik ini adalah melakukan pemeriksaan pada DNA sehingga karakter seseorang terhadap penyakit dan pengobatan bisa di ketahui secara lebih tepat

Dengan adanya pemeriksaan genetik ini setiap dokter yang menangani pasien kanker akan dapat menentukan pengobatan apa yang paling sesuai, dan tentunya bisa memberikan outcome yang lebih baik buat pasiennya.

UNTUK MENGETAHUI LEBIH LANJUT MENGENAI PEMERIKSAAN GENETIK KANKER KLIK DI SINI

ad sense