PENGARUH MAKANAN OLAHAN SEBAGAI MENU PUASA TERHADAP KESEHATAN KULIT

Dokter Samuel Oetoro, SpGK, seorang pakar gizi, menjelaskan beberapa efek yang dialami oleh orang yang berpuasa selama 14 jam. Tanpa makanan, kadar gula pada darah orang tersebut akan menurun sehingga merasa lemas. Karena tidak minum selama 14 jam, orang tersebut juga berisiko kekurangan air atau dehidrasi.

Saat menjalankan puasa, kita disarankan, bahkan beberapa orang mewajibkan makan sahur. Oleh karena itu, sahur menjadi momen vital untuk menyiapkan tubuh agar berkecukupan akan bahan-bahan makanan seperti sumber energi, protein, lemak, dan serat. Dengan makan saat dini hari, tubuh akan memiliki tenaga untuk bertahan hingga sore saat berbuka puasa. Makan sahur akan melancarkan puasa dari awal hingga akhir. Selain itu, sahur juga membuat anda jadi tetap semangat kerja karena tubuh masih memiliki fokus yang tinggi. Meski sahur memiliki peranan penting untuk puasa, beberapa orang sering melewatkan dan mengabaikannya karena tak kuat bangun. Bahkan, ada yang sengaja melakukannya karena tidak makan pun mereka merasa sudah kuat. Apa menu sahur anda hari ini? Jika piring berisi nasi dan makanan olahan seperti nugget, sosis, ham, hot dog, daging kornet, dendeng dan daging kaleng maka anda telah melakukan kesalahan besar karena mengkonsumsi makanan olahan setiap hari malah memberikan kerugian pada kesehatan anda. Sebuah studi intensif yang dipublikasikan dalam Journal Cell Metabolism menunjukkan bahwa harga yang murah dan kemudahan yang didapatkan bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Daging olahan sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga daging menjadi tahan lama. Beberapa cara pengolahan yang biasa digunakan antara lain pengasapan, curing (penggunaan garam bercampur nitrat untuk mengawetkan daging), penambahan garam serta pengawet yang tinggi. Komponen nitrit dan nitrat yang terdapat dalam daging olahan akan diubah menjadi komponen penyebab kanker ketika masuk ke dalam tubuh. Menurut Cancer Research UK, nitrat dan nitrit secara alami sudah terdapat dalam daging merah, tetapi seringkali ditambahkan saat pembuatan daging olahan untuk digunakan sebagai pengawet dan pemberi warna. Di tubuh, nitrit dan nitrat dapat diubah menjadi nitrosamine dan nitrosamide, inilah komponen yang dapat menyebabkan kanker. Suatu penelitian yang dilakukan di Eropa mengungkapkan bahwa konsumsi daging olahan meningkatkan risiko seseorang meninggal karena kanker hingga 11%. Jenis kanker yang biasa dihubungkan dengan konsumsi daging olahan adalah kanker usus dan kanker kolorektal (jenis kanker yang tumbuh pada usus besar atau kolon, atau pada bagian paling bawah dari usus besar yang terhubung ke anus atau rectum). Menurut WHO, konsumsi daging olahan sebesar 50 gram per hari (setara dengan satu buah hot dog) meningkatkan risiko kanker usus besar hingga 18%. Daging biasanya memiliki daya simpan yang tidak lama dan cepat menurun kualitasnya.

Apa yang kita makan atau konsumsi secara langsung mempengaruhi kondisi kulit. Kulit yang kusam, kering atau kasar salah satunya disebabkan oleh diet yang salah. Apabila kita banyak mengkonsumsi buah dan sayuran segar yang banyak mengandung vitamin saat sahur membuat kulit akan terlihat lebih cerah, berkilau, dan lembap. Hindari makanan berlemak dan produk makanan olahan atau fast food saat sahur karena jenis makanan ini dapat menyebabkan kulit kering dan terlihat kusam. Jika pilihan makanan sudah tepat, rajinlah mengkonsumsi air putih, yang merupakan pelembap alami yang menjaga kulit tetap kenyal dan terlihat bersih. Jika masalah kulitmu kering, kusam atau kasar, maka berpuasa adalah solusinya. Tubuh butuh waktu yang cukup lama untuk meregenerasi kulit, apalagi tiap hari kita terus tercemari lingkungan dan merasa stress. Berpuasa akan mempercepat tubuh untuk regenerasi kulit.

Berpuasa pada bulan Ramadan adalah suatu kegiatan menahan haus dan lapar dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam. Ketika menahan haus, tubuh seseorang pasti akan mengalami dehidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi ternyata akan memberikan dampak buruk pada kulit anda, seperti kulit kusam, kering dan kasar. Periode waktu berpuasa ini tidak sebentar. Artinya, jika dalam satu bulan Ramadan kita tidak memerhatikan asupan makanan, tubuh juga akan menghasilkan efek buruk sebulan ke depannya. Bukannya tidak boleh mengkonsumsi atau jajan hidangan saat bulan Ramadan. Boleh saja, tetapi semua itu harus diimbangi dengan asupan makan sehat. Sehingga, dampak kedepannya tubuh tidak timpang nutrisi dan kesehatan tubuh pun tetap terjaga.
Makanan sehat yang wajib ada selama bulan puasa, antara lain :
Makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi dan roti serta karbohidrat yang tidak diproses seperti kentang atau ubi jalar dan yang mengandung protein seperti salmon, telur, ayam
Sayur seperti kubis, tomat, bayam dan brokoli serta kacang-kacangan seperti kacang merah
Buah-buahan seperti kurma, alpukat, jeruk, beri, semangka, timun suri dan blewah

Berpuasa sambil beraktivitas dapat menguras mineral di dalam tubuh yang didapat dari air putih. Selama kurang lebih 14 jam tubuh akan menahan untuk tidak makan dan minum. Maka dari itu, anda harus mengetahui cara untuk mencukupi cairan di dalam tubuh yang hilang ketika berpuasa di siang hari. Kuncinya adalah mengatur konsumsi air putih ketika buka puasa hingga menjelang sahur. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan:
Minum 2 gelas air putih saat sahur
Minum 2 gelas air putih saat berbuka
Minum 4 gelas air putih pada malam hari

Dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kulit anda tetap terlihat cerah, berkilau dan lembap saat puasa, antara lain :
Hindari dari sinar matahari yang terik
Hindari konsumsi makanan berminyak
Kurangi konsumsi susu, soda dan kafein
Gunakan pelembap

Selain itu, untuk menjaga kelembapan kulit dan menghidrasi kulit dengan baik, anda juga perlu menggunakan pelembab kulit natural yang mengandung squalane. Squalane merupakan bentuk jenuh dari squalene yang didapatkan melalui proses hidrogenasi. Tingkat kejenuhan squalane mencapai 100% dan menjadikan minyak ini memilki molekul yang lebih stabil jika dibandingkan dengan minyak kelapa yang umumnya hanya berada pada tingkat 80-90%. Squalane memiliki kandungan emollient yang dapat melapisi kulit dan meningkatkan kemampuan kulit untuk menjaga kelembapan dirinya. Tanpa meninggalkan residu dan rasa lengket, minyak ini mampu menyerap dan membantu penetrasi dari produk skin care lainnya yang anda gunakan.

Kini telah tersedia produk Hand & Body Lotion with Squalane Oil dari Younger Looks yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, menghilangkan bintik-bintik hitam bekas luka, melembapkan kulit dan memperbaiki lapisan kulit luar. Jadi jika anda memiliki kulit yang kusam, kering atau kasar silahkan mengunjungi klinik Younger Looks terdekat untuk mendapatkan Hand & Body Lotion with Squalane Oil tersebut.

ad sense


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *