Kombinasi Selenium dan CoQ10 mengurangi kematian akibat penyakit jantung sebanyak 50%

cardio

Diterjemahkan oleh
Dr Yesin Lae, AAM-ECARE,MM dari jurnal Cardio-Vascular Dietary Supplementation tanggal 24 Oktober 2016

Penelitian 5 tahun mengungkapkan kombinasi selenium dan CoQ10 terbukti menurunkan angka kematian cardiovascular secara drastis

Penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) adalah penyebab kematian tertinggi di negara maju, dengan jumlah kematiah sekitar 17 juta pertahun. Angka ini di atas jumlah kasus kanker.
Hal ini disebabkan karena sumbatan arteri karena diet yang tidak baik, kurangnya berolah raga, kegemukan dan merokok. Suatu penelitian yang dilakukan di Swedia, menunjukkan bahwa kombinasi 2 suplemen yaitu CoQ10 dan selenium akan menurunkan angka kematian hampir sebesar 50%.
Peneliti menemukan bahwa suplemen ini memberikan beberapa keuntungan yaitu:
1. Memperbaiki fungsi jantung secara keseluruhan
2. Mengurangi lamanya waktu rawat inap karena tindakan bedah
3. Tetap mempunyai fungsi perlindungan sampai beberapa tahun setelah suplemen ini dihentikan

Peneliti dari Swedia ini mempublikasikan hasil penelitiannya dalam International Journal of Cardiology mengenai keuntungan dari segi kesehatan karena konsumi CoQ10 dan selenium. Penelitian terakhir juga menunjukkan kemampuan kedua suplemen ini dalam melindungi kerusakan jaringan dari oxidative stress.

Keuntungan CoQ10 dan Selenium dari sisi kesehatan

suatu studi yang dilakukan selama 5 tahun terhadap 443 pasien dewasa antara usia 70-80 tahun. Separuhnya mendapatkan plasebo dan sisanya mendapatkan 200 mg Co Q10 serta 200 mg selenium.
Setelah 5 tahun hasil studi menyimpulkan bahwa 12,6% grup yang mendapatkan plasebo meninggal karena penyakit kardiovaskuler sedangkan grup yang mendapatkan suplemen hanya 5,9%. Dan grup yang mendapatkan kedua suplemen juga mempunyai fungsi jantung yang jauh lebih baik saat dilakukan pemeriksaan echocardiogram. Dan yang paling penting mereka juga mempunyai level NT-proBNP, yaitu suatu biomarker yang diketahui sebagai indikator gagal jantung, yang lebih rendah. Dengan kata lain resiko kardiovaskulernya lebih rendah juga.
Tim peneliti juga melakukan follow up selama 4 tahun pada para partisipan dan menemukan pada grup yang mengkonsumsi suplement ditemukan:
1. Kualitas hidup yang lebih baik saat dibandingkan dengan kelompok plasebo
2. 246 hari lebih singkat saat dirawat di rumah sakit

Dan yang lebih mencengangkan adalah setelah 10 tahun kemudian, CoQ10 dan Selenium tetap memberikan efek baik bagi kesehatan, termasuk mengurangi kematian akibat kardiovaskuler, walaupun grup ini telah menghentikan konsumsi suplemen ini.
Pada saat 10 tahun ini, partisipan yang mengkonsumsi suplemen mempunyai resiko serangan jantung, stroke dan gagal jantung 49% lebih rendah dibandingakan kelompok plasebo, baik pada pria maupun wanita.

Apakah CoQ10 dan Selenium dan bagaimana kerjanya?

CoQ10 dan Selenium bekerja bersama-sama meningkatkan efisiensi sel. CoQ10 adalah jenis antioksidan yang membantu melindungi mitokondria dari sel yang rusak, sehingga membuat sel ini bisa memproduksi energi secara lebih efisien.
Sedangkan selenium adalah minireal yang membantu beberapa enzym tertentu dalam tubuh yang mempunyai efek antioksidan dan melawan radikal bebas.

Oxidative stress disebut sebagai hal yang mempercepat proses penuaan dan penyakit kronis, dan baik CoQ10 dan selenium diketahui mempunyai efek proteksi yang baik terutama pada lansia. Saat kita menginjak usia lanjut, sebagian besar mitokondria dalam sel kita berkurang, CoQ10 dikenal sebagai komponen dalam mitokondria sehingga memacu energi yang dihasilkan. Karena jantung kita membutuhkan banyak energi, maka CoQ10 memberikan efek yang sangat baik bagi organ ini.

sumber terbaik bagi CoQ10 adalah salmon, tuna, liver dan biji-bijian. Sumber yang baik-baik selenium adalah tepung, brewer’s yeast, kerang, biji bunga matahari, brazil nuts. Dalam rangka meningkatkan angka harapan hidup, peneliti juga ingin meningkatkan kualitas hidup manusia saat usia bertambah, dan tampaknya CoQ10 serta selenium mempunyai manfaat yang baik.
Saat ini kedua jenis suplemen ini juga bisa kita jumpai dibeberapa toko atau apotek.

ad sense