5 Masalah Kulit Yang Sering di Hadapi Wanita Muda

Seorang wanita sejak memasuki masa remaja sampai dewasa muda akan mengalami perubahan fisik dan hormon. Perubahan tersebut memiliki pengaruh yang sangat kuat, sehingga biasanya di usia muda seperti ini akan sering dijumpai masalah-masalah pada kulit wajah.
Selain itu masalah polusi dan stress akibat beban pekerjaan juga memperberat kondisi kulit seorang wanita muda. Hal ini sesuai dengan hasil riset pada beberapa wanita muda di Indonesia.

Berikut 5 masalah kulit wajah yang sering dialami wanita muda:

1.jerawat:
Jerawat di sebabkan oleh perubahan hormon yang berdampak pada kelejar penghasil minyak atau sebum memproduksi minyak secara berlebih. Sehingga tumpukan minyak akan bergabung dengan kotoran dan sel kulit mati, kemudian menyumbat pori-pori. Selain itu stress juga dapat memicu timbulnya jerawat karena juga berpengaruh dengan sebum. Jerawat sering dialami oleh remaja dan wanita muda

2. flek
Adalah noda hitam yang terdapat pada wajah akibat sinar UV yang menyebabkan melanin dalam kulit teragsang untuk mengeluarkan pigmen warna ke beberapa lapisan kulit.

3. kulit kusam
Kulit kusam di sebabkan oleh kulit mati yang menumpuk diatas kulit yang sehat. Selain itu kulit kusam juga dipengaruhi pigmen didalam lapisan kulit, karena beberapa rangsangan dari luar seperti stress bisa meyebabkan pigmen warna muncul dan membuat wajah tampak kusam.

4. pori-pori besar
Pori-pori besar sering menimbulkan masalah karena pori-pori berfungsi untuk jalan keluarnya minyak dengan menggunakan lapisan atas kulit yang dapat membuat kulit terasa halus. Selain itu pori-pori besar juga memungkinkan kotoran, debu dan sisa make up menyumbat keluarnya minyak dari dalam sehingga menimbulkan jerawat.

5. permukaan kulit tidak rata.
Di alami oleh sebagian besar wanita terutama yang sering menggunakan kosmetik secara berlebihan karena kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit wajah akan menimbulkan timbunan minyak dan kotoran yang membuat ukuran pori-pori mejadi besar dan menimbulkan jerawat. Jika perawatan atau pemulihan kulit tidak sesuai maka akan timbul cekungan kecil pada kulit wajah.

Beberapa teknologi yang dikembangkan dunia kedokteran guna mengatasi masalah-masalah ini antara lain adalah IPL dan laser CO2 fraxional. Berikut penjelasan mengenai keduanya:

IPL
Intense Pulsed Light merupakan perawatan kulit yang memanfaatkan cahaya lampu xenon dalam integritas yang tinggi untuk meremajakan jaringan kulit. IPL dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, flek, kulit kusan dan masalah kulit lainnya.
Berbeda dengan laser, IPL menggunakan spektrum cahaya yang luas (polikromatik), yang mencangkup area yang lebih besar dan menghasilkan panjang gelombang yang berbeda. Karena panjang gelombang yang dapat difilter, IPL tidak memiliki efek negatif pada sel dan jaringan lainnya yang tidak ditargetkan. IPL juga lebih meminimalkan resiko efek samping dari pada laser.
Terapi ini dapat berlangsung selama 20 – 30 menit tergantung luas area yang ditargetkan. Cukup dengan 3 kali sesi Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan, tentunya disesuaikan juga dengan kondisi kulit Anda.
Setelah perawatan mungkin kulit Anda akan memerah dan lebih sensitif dalam beberapa jam, itu efek dari terapi IPL. Tapi tenang saja Anda bisa menggunakan Air dingin untuk cuci muka selama beberapa hari sampai keadaan kulit Anda normal kembali. Dan berikut hasil dari terapi IPL.

Laser CO2 fraksional
CO2 Farksioanal merupakan laser ablative dengan tujuan melakukan remodeling kolagen pada lapisan dermis kulit. Menggunakan berkas cahaya mikro panas yang dapat menembus lapisan kulit yang paling dalam dengan terget air dibawah dermis kulit. Laser CO2 fraksional memberikan hasil resurfasing kulit yang aman dan efektif. Hanya area mikroskopis kulit yang dirawat pada satu waktu, sementara kulit yang berdekatan tidak terkena efek penyinaran. Sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik dan dengan waktu yang cepat pula.
Laser CO2 fraksional dapat disesuaikan, dengan perawatan bisa lebih dalam dan waktu penyembuhan lebih sedikit. Semakin dalam perawatan, semakin bagus hasil yang didapat. Akan tetapi pasien lebih memilih dua perawatan yang tidak terlalu dalam sehingga mereka dapat menghindari banyak downtime.
Pasca laser kulit Anda akan terkelupas selama 2-7 hari dan akan berwarna merah muda selama 3 hingga 6 minggu. Kesembuhan ini semua tergantung pada seberapa dalam perawatan Anda.

Selain terapi di atas Anda juga bisa menggunakan terapi Iontophoresis. Iontophoresis merupakan aliran mikro yang berfungsi untuk mengembalikan frekuensi normal di dalam sel yang menghasilkan berkurangnya rasa sakit dan peradangan serta perbaikan dalam fungsi jaringan. Dengan menggunakan Iontophoresis saat Anda melakukan perawatan wajah, maka kulit wajah Anda tidak akan kehilangan nutrisi.
Dengan melakukan terapi di atas Anda akan mendapatkan wajah yang sempurna. Jauh dari jerawat, flek, pori-pori besar dan noda bekas jerawat. Dengan begitu masa muda akan terasa indah dan menambah rasa percaya diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *